Kita selalu yakini dia ada disaat kita senang maupun susah dan kita selalu berfikir bahwa dialah yang terbaik untuk kita. Janganlah kita berpandang lebih kepada orang yang sebenarnya kita belum tau perasaan dia seperti apa, karena disaat kita tau dia bukanlah untukmu, disitulah rasa kecewa itu timbul. Yakinlah bahwa orang yang ada disekitar kita adalah orang yang terbaik dalam hidup anda dan jangan berharap lebih karena apa? Tuhan akan memberikan harapan lebih itu ke anda disaat anda tidak mengharapkan itu ^o^

SUPER JUNIOR

SUPER JUNIOR

Memandang sifat orang bukan dari sisi dimana disaat dia jatuh terpuruk tapi liat dari sisi dimana saat kita mengenalnya dan bersamanya. Saat kita sudah mulai membencinya, pandangan sifat jelek kita ke dia memang muncul dan sebenarnya itulah titik kejelekan kita :)

Rabu, 31 Oktober 2012

Prediksi Kisi-Kisi Sosiologi


PREDIKSI KISI-KISI
TAHUN 2011 - 2012

Jenis Sekolah               : SMA/MA                                                                              Mata Pel;ajaran            : SOSIOLOGI
Program Studi             : IPS                                                                                        Kurikulum                   : Standar Isi
Jumlah Soal                 : 60                                                                                          Bentuk Soal                : Pilihan Ganda

No
KD
BAHAN KELAS/SMT

INDIKATOR
No.
Soal

1

1.1.Menjelaskan fungsi  sosiologi sebagai ilmu yg mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan


       X/1

Disajikan beberapa variabel sosial, siswa dapat mengidentifikasi variabel yang tergolong objek/ciri ilmu sosiologi.

Disajikan contoh peran sosiologi dalam kehidupan masyarakat, siswa dapat  menjelaskan fungsi sosiologi bagi kemajuan masyarakat.


1


2

2

1.2.Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat


       X/1

Disajikan contoh perilaku sosial berdasarkan nilai tertentu, siswa dapat mengidentifikasi jenis/fungsi nilai bagi kehidupan sosial.

Disajikan beberapa contoh perilaku sosial, siswa dapat menentukan perilaku yang terkait dengan fungsi/jenis norma yang dipatuhi.



3


4


3


1.3.Mendeskripsikan proses  interaksi sebagai
dasar pengembangan
pola keteraturan dan
dinamika kehidupan sosial.


       X/1

Disajikan contoh hubungan interaksi sosial tertentu, siswa dapat menjelaskan ciri/tujuan dari interaksi tertentu.

Disajikan beberapa contoh interaksi sosial, siswa dapat mengidentifikasi bentuk/sifatnya.

Disajikan contoh keteraturan (interaksi sosial), siswa dapat menjelaskan unsur yang berpengaruh terhadap terciptanya keteraturan (interaksi) tersebut.



5


6


7



4


2.1.Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian.


      X/2

Disajikan deskripsi tentang proses sosialisasi yang dialami individu tertentu, siswa dapat menjelaskan fungsi/tujuan dari proses sosialisasi tersebut

Disajikan contoh kepribadian sosial, siswa dapat menjelaskan hubungan antara sosialissi dengan lingkungan sosial-budaya

Disajikan contoh kasus sosialisasi tertentu, siswa dapat mengidentifikasi tipe/tahap/bentuk sosialisasi tersebut.

Disajikan contoh aktivitas media sosialisasi tertentu, siswa dapat menjelaskan fungsi/peran media sosialisasi tersebut.


8


9


10


11


5

2.2.Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap antisosial


       X/2

Disajikan contoh kasus munculnya perilaku menyimpang tertentu, siswa dapat menjelaskan sebab/teori penyimpangannya.

Disajikan beberapa contoh perilaku menyimpang di masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi jenis/bentuknya.


12


13



6


2.3.Menerapkan pengetahuan sosiologi  dalam kehidupan bermasyarakat

       X/2


Disajikan contoh kasus pengendalain sosial terhadap perilaku menyimpang tertentu, siswa dapat menjelaskan fungsi atau tujuannya.

Disajikan contoh aktivitas pengendalian sosial, siswa dapat menjelaskan bentuk pengendalian sosial tersebut.

Disajikan contoh tindakan pengendalian sosial tertentu, siswa dapat mengidentifikasi cara atau sifat pengendaliannya.

Disajikan contoh penyimpangan sosial tertentu, siswa dapat mengidentifkasi aparat/lembaga yang berperan untuk mengendalikannya.


14


15


16


17



7


1.1. Mendeskripsikan bentuk struktur sosial dlm fenomena kehidupan masyarakat

       XI/1

Disajikan contoh pengelompokan sosial horizontal, siswa dapat menjelaskan sifat/parameternya.


Disajikan gambar struktur sosial vertikal, siswa dapat menjelaskan fungsi/sifat stratifikasinya.

Disajikan gambar stratifikasi sosial (agraris, feodal, kolonial, atau industri), siswa dapat menjelaskan dasar pelapisannya.

Disajikan gambar struktur sosial majemuk interseksi atau konsolidasi sosial, siswa dapat menjelaskan pengaruhnya terhadap dinamika masyarakat (proses konflik/integrasi).


18



19


20


21


8


1.2. Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dlm mayarakat


       XI/1

Disajikan contoh konflik sosial di masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi bentuknya.

Disajikan deskripsi tentang konflik sosial di masyarakat, siswa dapat menjelaskan factor sebab atau akibatnya

Disajikan contoh proses penyelesaian konflik sosial tertentu, siswa dapat mengidentifikasi bentuk akomodasinya.


22


23


24


9


1.3.Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial

       XI/1
Disajikan contoh kasus mobilitas sosial di masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi bentuknya berdasarkan kriteria tertentu.

Disajikan beberapa gejala sosial di masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi yang sifatnya menghambat  / mendorong laju mobilitas sosial vertical/horizontal.

Disajikan contoh mobilitas vertikal yang dialami individu tertentu, siswa dapat mengidentifikasi cara /saluran sirkulasi sosialnya.

Disajikan contoh mobilitas sosial vertikal dan konsekuensi terjadi konflik, siswa dapat menjelaskan alasan munculnya konflik tersebut.



25


26



27


28



10


2.1. Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dlm masyarakat multikultural


       XI/2

Disajikan contoh kelompok sosial tertentu, siswa dapat menjelaskan bentuk ikatan atau kesatuan sosial tersebut.

Disajikan beberapa ciri kehidupan sosial, siswa dapat mengidentifikasi yang termasuk (tidak termasuk) ciri sosial masyarakat majemuk.

Disajikan contoh kondisi kemajemukan sosial dalam bidang tertentu, siswa dapat menjelaskan bentuk konfigurasinya.

Disajikan deskripsi tentang kemajemukan sosial tertentu, siswa dapat menjelaskan faktor penyebab terjadinya kemajemukan tersebut.


29


30


31


32




11


2.2.Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural


      XI/2

Disajikan contoh keanekaragaman sosial (suku, agama, ras, golongan), siswa dapat menjelaskan bentuk struktur tersebut.

Disajikan contoh perbedaan sosial, siswa dapat menjelaskan hubungannya dengan stratifikasi atau diskriminasi sosial dalam masyarakat.


33


34


12


2.3. Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dlm masyarakat multikultural


      XI/2

Disajikan deskripsi munculnya primordialisme /politik aliran, siswa dapat menjelaskan alasan kemunculannya.

Disajikan beberapa tindakan sosial dalam masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi sebagai perilaku yang sesuai (tidak sesuai) dengan realitas sosial majemuk.


35


36


13

1.1. Menjelaskan proses perubahan sosial dlm masyarakat


       XII/1

Disajikan contoh gejala dinamika sosial, siswa dapat menjelaskan lingkup/arti dari perubahan tersebut.

Disajikan gambar/skema perubahan sosial tertentu, siswa dapat menjelaskan teori atau bentuk perubahan tersebut.

Disajikan beberapa fakta sosial di masyarakat, siswa dapat mengidentifikasinya sebagai faktor perubahan sosial tertentu.


37


38


39

14

1.2. Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat


      XII/1

Disajikan deskripsi gejala demokratisasi, globalisasi, atau industrialisasi, siswa dapat menunjukkan dampak positifnya bagi kemajuan masyarakat.

Disajikan contoh perilaku sekuler/hedonis/materialis, siswa dapat menjelaskan dampak negatifnya bagi kehidupan sosial.

Disajikan deskripsi situasi sosial global, siswa dapat mengemukakan tantangan globalisasi atau solusinya.

Disajikan contoh gejala sosial modern, siswa dapat mengidentifikasinya sebagai sebab/akibat dari globalisasi.


40


41


42


43



15

1.3. Menjelaskan hakikat lembaga sosial




1.4. Mengklasifikasi tipe lembaga sosial 


      XII/1

Disajikan contoh aktivitas lembaga sosial tertentu, siswa dapat menjelaskan fungsi/tujuan dari lembaga tersebut bagi kehidupan masyarakat.

Disajikan beberapa unsur kehidupan sosial, siswa dapat mengidentifikasi yang tergolong ciri pokok atau hakikat lembaga sosial.

Disajikan deskripsi tentang proses pelembagaan norma, siswa dapat menjelaskan tahapannya.


44


45


46


16

1.5. Mendeskripsikan
 peran dan fungsi
 lembaga sosial.


      XII/2

Disajikan contoh kegiatan rutin keluarga, siswa dapat mengidentifikasi kaitannya dengan fungsi utama lembaga keluarga.

Disajikan deskripsi tentang fungsi lembaga pendidikan / agama, siswa dapat menjelaskan tujuannya bagi kehidupan masyarakat.

Disajikan contoh kegiatan lembaga ekonomi/politik tertentu, siswa dapat menjelaskan maksud/tujuannya bagi masyarakat.


47


48


49



17


2.1.Merancang metode penelitian sosial sederhana


      XII/2

Disajikan deskripsi penelitian tertentu, siswa dapat mengidentifikasi jenis/fungsinya bagi kemajuan dan kehidupan masyarak

Disajikan contoh syarat pemilihan topik yang baik, siswa dapat menjelaskan maksud dari persyaratan tersebut.     

Disajikan contoh rumusan judul penelitian, siswa dapat menjelaskan variabel penelitiannya.

Disajikan contoh data penelitian tertentu, siswa dapat menjelaskan jenis data tersebut.

Disajikan contoh kegiatan pengambilan subjek penelitian dari populasi, siswa dapat menjelaskan teknik samplingnya.


50


51


52


53


54


18


2.2.Melakukan penelitian sosial sederhana


      XII/2

Disajikan contoh instrumen pengumpulan data dengan metode tertentu, siswa dapat menjelaskan fungsi instrumen tersebut.

Disajikan contoh teknik tertentu untuk pengumpulan data penelitian, siswa dapat menjelaskan kelemahan atau   keunggulannya dibandingkan dengan metode lain.

Disajikan contoh data dalam tabel/daftar, siswa dapat menjelaskan prosedur pengolahannya.

Disajikan data penelitian dalam tabel  dan disertai angka persen/tendensi sentral, siswa dapat menjelaskan maknanya. 


55


56



57


58


19

2.3.Mengkomunikasi
kan hasil penelitian sosial


      XII/2

Disajikan beberapa bagian laporan penelitian, siswa dapat menjelaskan fungsi atau sistematikanya.

Disajikan contoh kegiatan presentasi hasil penelitian, siswa dapat menjelaskan kegunaannya bagi kepentingan tertentu.



59


60

           

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar